Pengertian Daya dan Contoh Soal

Selamat Datang kembali di blog freemathlearn. Blog yang membahas seputar matematika dan ilmu sains lainnya. Baiklah untuk kali ini akan kita bahas mengenai Pengertian Daya dan Contoh Soal. Silakan disimak ya guys!
>
Loading...
Daya didefinisikan sebagai kecepatan melakukan usaha atau kemampuan untuk melakukan usaha tiap satuan waktu. Usaha belum dapat memberikan penjelasan lengkap tentang perpindahan benda akibat pengaruh gaya. Untuk membedakan waktu yang diperlukan benda dalam melakukan usaha digunakan rumus daya. Secara matematis dituliskan:

(1)
dengan:
P = daya ( J/s)
W = usaha ( J)
t = waktu (s)

Karena W = F.s, sehingga persamaan (1) menjadi:


karena s/t = v, maka:

P = F . v
(2)
dengan:
P = daya ( J/s)
F = gaya (N)
v = kecepatan (m/s)

Dalam SI, satuan daya adalah joule/sekon atau watt dimana 1 watt = 1 J/s. Untuk keperluan praktis, terutama dalam bidang teknik, satuan daya yang digunakan adalah daya kuda atau horse power (hp) atau paarde kracht (pk) dimana:

1 hp = 746 watt.

Sekedar Info

Sumber : http://telegraph.co.uk

James Watt (1736 – 1819), Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya, nama Watt digunakan sebagai satuan daya, dengan lambang W.


Contoh Soal
Seseorang yang massanya 60 kg berlari menaiki tangga yang tingginya 4 m dalam waktu 4 sekon. Berapakah daya yang dihasilkan orang tersebut? ( g = 10 m/s2 ).
Penyelesaian:
Diketahui: m = 60 kg; h = 4 m; t = 4 s; g = 10 m/s2
Ditanya:
P = ... ?
Jawab:

.


Nah itulah tadi telah diuraikan mengenai Pengertian Daya dan Contoh Soal. Bagaimana, silakan berkomentar atau kritik, saran ataupun tambahan dari kamu. Kita tahu kita bukan yang sempurna, siapa tahu kamu lebih dan bisa berbagi. Ditunggu komentarnya guys.
Loading...