Reaksi Reaksi Asam Amino

Selamat Datang kembali di blog freemathlearn. Blog yang membahas seputar matematika dan ilmu sains lainnya. Baiklah untuk kali ini akan kita bahas mengenai Reaksi Reaksi Asam Amino. Silakan disimak ya guys!
>
Loading...
Seperti yang kalian ketahui bahwa asam amino memiliki dua buah gugus fungsi. Masin masing gugus fungsi ini tentu rekatif dan akan menjalani reaksi reaksinya sendiri. Berikut saya jabarkan reaksi reaksi baik yang terjadi terhadap gugus amino maupun gugus karboksil.

Reaksi - Reaksi Terhadap Gugus Amino (- NH2)
1. Reaksi pemebentukan garam

Contoh reaksi :
    http://sijeger.blogspot.com/
Garam yang terbentuk biasanya akan sedikit larut dalam air

2. Asetilasi
Asam amino dapat menjalani reaksi asetilasi denga mereaksikannya dengan asam asetat anhidrat, asetil klorida atau asam benzoat.

Reaksi umumnya sebagai berikut :
http://sijeger.blogspot.com/
Salah satu contoh reaksi asetilasi adalah rekasi glisin dengan asam benzoat didalam tubuh hewan yang merupakan proses detoksinasi yang penting. Reaksinya sebagai berikut :
http://sijeger.blogspot.com/

3. Reaksi Van Skyle dengan pereaksi asam nitrit. 
Karena bersifat asam, maka asam nitrik (HONO =HNO2) akan bereaksi dengan gugus amino dari asam amino membentuk asam hidroksi dan membebaskan N2

Reaksinya sebagai berikut :
http://sijeger.blogspot.com/
Reaksi ini utamanya digunakan oleh van skyle untuk menghitung jumlah gugus amino bebas dalam asam amino, peptida maupun protein.

4. Deaminasi
Gugus amino pada asam amino tahan terhadap hidrolisis tetapi akan dengan mudah dipisahkan apabila dioksidasi dengan H2O2 atau KMnO4.

http://sijeger.blogspot.com/

Reaksi - Reaksi terhadap gugus karboksil
1. Dekarboksilasi
Bila asam amino dipanaskan dengan BaO lalu didestilasi kering maka CO2 akan dibebaskan dan terbentuk suatu amida. 

http://sijeger.blogspot.com/

2. Titrasi Sorensen
Karen sifat amfoternya, asam asam amino tidak dapat ditritasi langsung dengan basa. Bila ingin mentitrasi asam amino baik dengan asam maupun basa maka asam aminonya harus direaksikan dulu dengan formalin. Reaksi ini akan membentuk metil glisin atau dimetilol. Senyawa ini merupakan glisina yang bersifat asam kuat.

Reaksi pembentukannya sebagai berikut :
http://sijeger.blogspot.com/

3. Reaski Pembentukan Laktam
Asam asam amino dikarboksilat dapat melepaskan air dan senyawa yang terjadi disebut laktam. Kemungkinan dengan cara inilahterbentuknya asam asam heterosiklis seperti prolin, hidroksi prolin dari asam glutamat.
http://sijeger.blogspot.com/
.


Nah itulah tadi telah diuraikan mengenai Reaksi Reaksi Asam Amino. Bagaimana, silakan berkomentar atau kritik, saran ataupun tambahan dari kamu. Kita tahu kita bukan yang sempurna, siapa tahu kamu lebih dan bisa berbagi. Ditunggu komentarnya guys.
Loading...